Belajar HTML dari Dasar

Oke, sekarang ane mau bagi - bagi tutorial tentang HTML (Hyper Text Markup Language), HTML ini adalah merupakan bahasa dasar untuk membuat suatu halaman web yang terdiri dari kode-kode singkat tertentu, dimana dengan kode-kode tersebut akan memerintahkan Web Browser bagaimana untuk menampilkan halaman Web yang terdiri dari berbagai macam format file seperti teks, grafik, animasi, link maupun audio-video.
Nah diatas ada istilah Web Browser, sebelum kita lanjut kita bahas dulu gan sedikit tentang Web Browser, Web Browser adalah sebuah progam yang dapat menterjemahkan kode perintah dari dokumen HTML tersebut sehingga dapat kita lihat, baca dan dengar. Contoh dari Web Browser adalah Internet Explorer, Netscape Navigator, Mozilla Firefox, Opera, Safari dll.
Nah sekarang kita langsung aja bagaimana cara membuat dan menulis HTML, untuk penulisan kita perlu editor, kita bisa gunakan Notepad, Notepad++, Dreamweaver, dan lain sebagainya, nah untuk pemula dan baru belajar ada baiknya kalian menggunakan Notepad agar agan - agan secara tidak langsung bisa menghapal sintak - sintak HTML.
Pertama kita buka dulu Notepadnya, notepad disimpan diprogram windows tepatnya di accesoris.
>>klik start  >>All Program  >>Accesoris  >>Notepad.
Kalo udah tuliskan sintak dibawah


 Setelah itu agan tinggal save file diatas dengan format HTML
Dengan cara >>Klik File >>Save As >>

*jika kambar kurang jelas, silahkan klik gambarnya untuk memperbesar



Untuk nama file harus di ikuti dengan extension .html

untuk type save as di rubah menjadi all files.















setelah itu coba klik 2 kali pada file yang telah agan simpan maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini






















Jadi pada dasarnya dalam HTML itu akan selalu diawali dengan <html> dan di akhiri </html> itu adalah ketentuan dalam penulisan bahasa pemograman html.
Untuk konsep penulisannya setiap tag ( <tag> ) yang dibuka atau awalan, maka harus ada akhiran atau di tutup dengan tanda ( </tag> ) , bagaimana kalo tidak seperti itu? jika agan tidak menulis sintak dengan konsep seperti itu maka sintak atau kode yang agan tulis tidak akan terbaca (error)

Gimana gan ngertikan? ane disini tidak menjelaskan secara keseluruhan sintak, saya hanya memberikan gambaran bagaimana konsep html ditulis.
Nah untuk lebih lanjutnya supaya agan bisa belajar lebih jauh saya sudah menyiapkan Ebook tutorial HTML, yang bisa agan pelajari, untuk ebooknya silahkan Klik Untuk Download .

Selamat Mencoba !!!!

sumber

1 komentar:

  1. belajar HTML dari dasar cukup mudah dan sangat bermanfaat.. terima kasih
    Kunjungi website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id/

    Kunjungi website saya https://hiko.mahasiswa.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus