Cara Membuat dan Menghapus Database Menggunakan MYSQL

Pagi - pagi udah nangkring depan komputer ditemenin rokok sama segelas teh manis, nah sambil nangkring depan komputer ane mau bagi - bagi tentang tutorial bagaimana cara membuat sebuah database dengan menggunakan MYSQL, sebenernya sih udah telat kalo ane baru sekarang nulis tutorial ini, tapi ga ada salahnya dong untuk sedikit berbagi, hehehe, soalnya kalo ane berbagi dengan cara bagi - bagi duit ane belum mampu, jadi yah ane amalnya lewat tutorial aja deh, ckckckck, Oke sekarang kita langsung aja, pertama komputer pemirsa semua harus sudah terinstall dulu mysql, kalo belum segera melakukan installasi untuk mysqlnya, kalo mau saya udah sediain nih, tapi menggunakan XAMPP, aplikasi ini adalah sebuah paket installer yang berisi paket controller, emulator server dan script pages, serta konektor DBase (database) pada platform windows. di XAMPP ini sudah ada Apache, MYSQL, PHP, dan lain sebagainya, noh mysql adakan, jadi silahkan install dulu XAMPPnya, karena nanti kalo ane masih bisa nulis, ane mau nulis lagi tentang tutorial - tutorial sampai menghubungkan MYSQL dengan PHP, dan ini pasti butuh XAMPP, jadi silahkan saya perintahkan sekali lagi untuk menginstall XAMPPnya, kalo misalkan belum punya, seilahkan agan - agan dan sista - sista bisa download disini. kalo udah gitu agan dan sista semua langsung install XAMPPnya kalo udah masuk ke Control Panel XAMPPnya, biasanya ada di desktop kalo ga ada, tinggal masuk ke start >>program files >>apachefriends >>xampp >>CONTROL XAMPP SERVER PANEL. kalo kurang jelas lihat gambar dibawah

Gambarnya

nah kalo udah nanti bakalan muncul tampilan berikut

Gambarnya

>>beri tanda centang pada svc mysql
 setelah itu akan muncul ini gan
 Gambarnya

Pilih aja OK, kalo udah OK langsung klik tombol start samping MYSQL, kalo pengen semua aplikasinya aktif lakukan hal yang sama pada aplikasi yang lainnya juga yang tersedia di XAMPP.
Oke, pengaktifan MYSQL udah dilakukan sekarang langsung masuk ke Command Prompt, tinggal >>Klik Start >>Program Files >>Accesoris >>Command Prompt.
Gimana ada?masa ga ada, yakin? pasti ada ane yakin, nah kalo udah ketikan perintah dibawah ini

Gambarnya

nah tuh perintah itu adalah untu berpindah direktori, agan dan sista bisa liat di c:\......\......\> yang pertama dan yang kedua berubah.
Oke selanjutnya agan ketik perintah dibawah

Gambarnya

 Nah perintah di atas adalah untuk kita masuk ke mysql, -u root itu maksudnya kita menggunakan user sebagai root, admin teratas, itu setingan default usernamenya.
Sekarang kita udah ada di MYSQL nih, lanjut seperti judul di atas saya akan ngasih tutorial untuk membuat database menggunakan MYSQL, gimana cara membuatnya.
untuk cara membuatnya kita tinggal ketikan create database (nama database);

Gambarnya

Nah lihat diatas, kita udah berhasil bikin database menggunakan MYSQL, kalo misalkan agan penasaran, takutnya databasenya ga kesimpen, gampang kita langsung cek aja dah, silahkan agan dan sista yang berbahagia ketikan show databases;

Gambarnya

Tuh liat gan sis, adakan?nah itu cara membuat database dengan menggunakan MYSQL, sekarang bagaimana cara menghapusnya?menghapus database kita hanya tinggal menggunakan perintah drop aja, coba sekarang agan hapus kemabli database agan, ketikan drop database (nama database agan dan sista);

Gambarnya

nah itu database ane udah ane hapus, sekarang kita buktikan lagi, kita tampilkan seluruh database yang ada, dengan perintah yang diatas, yaitu Show databases;
 eng ing eng

Gambarnya

Nah tuhkan dabatase ane udah ga ada, hehehehe

Jadi seperti itulah pemirsa, cara membuat dan menghapus database Menggunakan MYSQL, untuk selanjutnya silahkan agan dan sista mencobanya sendiri, untuk para master ane mohon ampun, ane cuma berbagi aja sama yang belum bisa, terus belum ngerti, jadi harap di maklum, hehehehehe, tapi ogah master jangan di maklum, karena hanya orang gila yang patut dimaklumi, hahahahaha.
Oke, mudah - mudahan tutorial ane kali ini bermanfaat terus agan dan sistapun bisa mempelajarinya dengan mudah, dan selanjutnya mudah - mudahan tulisan ane berlanjut, aminn.

Selamat Mencoba !!!!!

9 komentar:

  1. ketika ketikan drop nama database itu pake spasi ga min?

    BalasHapus
  2. gak bisa loh hapus database pake drop database (nama database)

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah kayak gini belum >>
      Drop database (nama database);

      Hapus
    2. misal nama databasenya penjualan, tulis aja
      DROP DATABASE PENJUALAN;

      Hapus
  3. keren
    visit http://septifara99.blogspot.co.id

    BalasHapus
  4. langkah-langkahnya jelas. sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  5. Terima kasih artikel cara membuat dan menghapus database menggunakan MySQL langkah - langkahnya jelas dan sangat bermanfaat

    Kunjungi website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id/

    Kunjungi website saya https://hiko.mahasiswa.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus